Makanan penyebab Gigi menjadi kuning

Posted by Joecgp Wednesday 21 July 2010 0 comments

Bertambahnya usia dan seringnya mengambili makanan dan minuman yang mengadung zat pewarna menjadi salah satu faktor penyebab warna gigi kusam atau menguning.



Warna dalam makanan dan minuman berasal dari chromogens, molekul berpigmen yang boleh menempel pada gigi. Begitu juga dengan ke-asidan (masam) makanan dan minuman. Ke-asidan (masam) membuat warna makanan mengikis gigi, sehingga gigi rapuh dan chromogens mudah menempel.



Rutin menggosok gigi dan menghindari rokok merupakan salah satu cara agar gigi tetap sehat, putih, bersih. Namun ada beberapa makanan dan minuman yang perlu anda kawal dan jaga. Ini dia antara makanan dan minuman penyebab gigi kusam, kuning dan bernoda :



Gula-gula kunyah seperti sugus

Bahan utama dari gula-gula kunyah adalah gula. Banyak mengambil gula-gula ini ternyata mempengaruhi kesehatan gigi, bukan hanya menyebabkan gigi berlubang dan rapuh,malah juga menyebabkan gigi kuning.



Minuman bersoda

Umumnya minuman bersoda mengandung bahan pewarna yang bersifat asid dan chromogens.Jika diminum secara kerap, molekul pigmen yang terkandung akan menempel pada gigi sehingga gigi cepat kusam.




Minuman berenergi

Asid yang terkandung dalam minuman berenergi dapat merapuhkan enamel gigi. Dan jika dikonsumsi secara rutin, minuman ini akan lebih cepat mengikis enamel gigi sehingga lebih gigi mudah menguning.



Teh hitam

Teh hitam kaya akan tannin dan chromogens yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Bukan hanya itu saja, teh hitam pun boleh meninggalkan kerak jika diminum terlalu kerap. Untuk membuktikannya, rendam teh hitam pada cawan putih dan biarkan selama lebih dari 5 jam. Buktikan apa yang terjadi, sisa noda teh pasti akan menempel pada dasar dan batas air teh pada cangkir.



Kopi

Kopi mengandung kafein yang lebih banyak daripada teh, sedangkan kafein itu mempunyai sifat mewarnai gigi. Apalagi kopi yang mempunyai serbuk/serdak banyak, jika anda minum pasti serbuk kopi akan menempel pada gigi anda dan itu yang menyebabkan perubahan wana gigi.



Sos atau kuah


Sos Kicap, sos tomato,kari dan sos berwarna pekat lainnya juga diyakini berpotensi meninggalkan noda di gigi
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Makanan penyebab Gigi menjadi kuning
Ditulis oleh Joecgp
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tampilmanisdancantik.blogspot.com/2010/07/makanan-penyebab-gigi-menjadi-kuning.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Susu Glutera | Susu Pemutih.